Hidup bukan sekedar hidup

Tuesday, April 18, 2017

Sejarah Mata Uang di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui

Dollar/ pixabay.com


Siapa yang tidak pernah melakukan kontak dengan uang? Dewasa ini tentu uang menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk mendapatkan barang atau jasa tentu kita membutuhkan uang sebagai alat tukar. 

Lantas bagaimanakah asal muasal dari mata uang yang ada di dunia ini?

Menurut berbagai sumber sebelum menggunakan mata uang untuk transaksi jual beli manusia terlebih dahulu menggunakan barang atau yang lebih dikenal dengan sistem barter atau tukar menukar barang. Karena semakin lama kebutuhan transaksi manusia semakin komplek dan tidak bisa teratasi hanya dengan barter saja, maka munculah ide untuk menggunakan mata uang.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa uang pertama kali digunakan di Cina kurang lebih 2700 tahun sebelum masehi oleh kaisar Huang. Adapula yang menyebutkan bahwa uang digunakan di Assyria, Phunisia, dan Mesir. Pada awalnya uang tersebut berupa uang barang seperti kerang, kulit binatang dan mutiara. Namun uang barang tersebtu masih dinilai kurang efisien. Hingga pada kahirnya munculah uang logam yang pertama kali di gunakan di Yunani sekitar 560-546 sebelum masehi.
Sesuai dengan kebutuhan manusia yang semakin kompleks maka bentuk dan rupa uang terus berkembang hingga seperti uang yang kita gunakan saat ini. 

1. Dollar

Menurut Oxfordword kata dollar berasal dari “joachimsthal” bahasa Flemish utara Belgia atau Jerman Bawah. Kata tersebut merujuk pada bukit Joachim, tempat penambangan perak. Koin tersebut kemudian disebut dengan “joachimsthaler” yang kemudian disingkat menjdai “thaler” kemudian disebut menjadi “dollar”.

2. Rial

Rial berasal dari kata regalis yang berarti “Royal”. Kemudian kata ini digunakan sebagai mata uang Iran dan Oman. Sementara Arab Saudi, Yaman, dan Qatar menggunakan “Riyall” sebagai nama mata uangnya. Spanyol sebelum menggunakan Euro juga menggunakan “Reals”.

3. Dinar

Dinar merupakan mata uang yang digunakan di Yordania, Aljazair, Quwait, dan Serbia. Dinar diambil dari bahasa latin “Denarius”. Denarius merupakan koin perak yang dipakai pada zaman Romawi Kuno.

4. Rupee

Rupee merupakan mata uang yang dipakai oleh India dan Pakistan. Rupee diambil dari bahasa Sanksrit yaitu “rupya”.

5. Rupiah

Mata uang rupiah, mata uang yang digunakan Indonesia ini sama seperti India yakni diambil dari bahasa Sanksrit atau sanksekerta.

6. Pound

Mata uang Inggris ini berasala dari bahasa latin yaitu “Poundus” yang berarti berat. Mesir, Lebanon, Sudan, Sudan selatan, dan Suriah menggunakan mata uang ini.

7. Ringgit

Pada mulanya sejarah Ringgit digunakan di Malaysia yakni pada saat koin dicetak dari logam mulia, pencuri akan memotong bagian kecil untuk dibuat logam kembali. Nah untuk mengatasi masah pencurian ini kemudian Malaysia mencetak mata uang bergerigi. Bergerigi di Malaysia itu disebut bergerigi yang selanjutnya dipakai untuk nama mata uang mereka.

Nah demikian tadi beberapa ulasan mengenai sejarah mata uang di dunia yang ada saat ini.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Berlangganan