Satu hal di dunia ini yang tidak membutuhkan modal, "bahagia". Sedangkan bahagia adalah ketika kamu hidup dengan pikiran tanpa belenggu. Maka hancurkanlah setiap belenggu yang mengekangmu

Tuesday, March 6, 2018

7 Tempat di Dunia Seperti di Negeri Dongeng

Apa yang terpikir oleh kalian ketika mendengar tentang Negeri Dongeng? Tentunya sebuah tempat yang menakjubkan, indah, dan penuh dengan cerita yang fenomenal bukan. 

Pastinya lagi tempat-tempat tersebut tidak peernah ada di dunia nyata, melainkan hanya ada di cerita dongeng. Seperti yang ketahui bahwa cerita dongeng hanyalah karangan belaka, meskipun ada beberapa yang terinspirasi dari kisah nyata.

Namun siapa sangka ternyata ada lo tempat-tempat di dunia ini yang memiliki keindahan serta menakjubkan seperti di cerita-cerita dongeng. Langsung saja berikut dirangkum dari berbagai sumber akan keberadaan tempat-tempat di dunia ini seperti di negeri dongeng. Dilengkapi juga dengan video youtubenya.


1. Gua Waitomo Glowworm, Selandia Baru


Gua Waitomo Glowworm terletak di bawah perbukitan hijau Waitomo, Selandia Baru. Sebuah perbukitan yang di bawahnya dipenuhi labirin penuh gua, lubang runtuhan, dan sungai bawah tanah.

Gua ini tebentuk karena aliran sungai bawah tanah yang mendesak melewati batu gamping lunak selama ribuan tahun. Gua ini dihiasi oleh stalaktit yang menggantung dari langit-langit, stalakmit dari lantai gua, kerucut lancip dari batuan berlapis, dan yang membuat spesial adalah gua ini dihias oleh jutaan cacing pendar atau glowworm yakni cacing bercahaya yang membuat gua nampak indah.
Tempat ini khusus di mana glowworms memicu pemandangan berbintang di langit-langit dan dinding.

Glowworm merupakan spesies cacing unik yang hanya ada di Selandia Baru. Nama latinnya adalah Arachnocampa luminosa. Cacing dewasanya seukuran nyamuk rata-rata.

Hanya ada Glowworm di tengah kondisi gua yang gelap gulita. Pengunjung juga tidak diperbolehkan bersuara keras.
Suasana yang sunyi dan gelap, dengan pemandangan cahaya dari tubuh cacing-cacing tadi membuat kamu serasa berada di galaksi lain.


2. Petra Jordan, Yordania


Kota Petra telah dibangun ribuan tahun yang lalu dan peninggalannya terlihat hingga kini. Petra menjadi daya tarik yang paling sering dikunjungi dari Yordania. Petra dikenal sebagai Rose City karena warna dari batu yang diukir.

Kota Petra termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan dinobatkan sebagai salah satu Tujuh Keajaiban Terbaru. Wisatawan dapat menjelajahi berbagai tempat menarik, antara lain Treasury berusia 2000 tahun, ngarai Siq yang sempit (jalan masuk utama ke Petra), dan High Place of Sacrifice.

Terdapat berbagai situs arkeologi yang menarik untuk dijelajahi. Kawasan Petra memiliki luas sekitar 264 Km2. Tentunya membutuhkan waktu yang lumayan banyak untuk menjelajahinya.
Banyak objek yang bisa dikunjungi, tetapi letaknya cukup berjauhan, bahkan sampai ada yang di atas bukit, dan harus dijangkau dengan menaiki seribu anak tangga.

Untuk bolak balik dari lokasi awal gerbang sampai royal tomb berjarak sekitar 4 Km
Rumah-rumah para penduduk zaman dulu pun bisa dimasuki dan dipakai untuk berfoto, namun letaknya memang cukup tinggi di bukit. Beberapa lokasi lain juga bisa dijelajahi, namun butuh waktu untuk menaikinya.

Petra juga bisa dinnikmati saat malam hari. Pada hari-hari tertentu, anda bisa membooking atau menyaksikan peristiwa langka menjelajahi celah sempit menuju treasury di tengah cahaya temaram lilin di malam hari.


3. Sintra, Portugal


Kota Sintra, Kota yang berada tidak jauh dari Lisbon ini memiliki keindahan yang luar biasa. Istana perma, Kastil The Mouro, dan Istana Nasional Sintra adalah tiga istana di kota itu yang sangat menakjubkan.

Sintra adalah sebuah kota di Portugal yang juga merupakan subwilayah Grande Lisboa, ibu kota Portugal. Kota Sintra  dikenal dengan monumen-monumen berasitektur romantis dari abad ke-19 yang kemudian membuat kota Sintra ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Sejumlah taman dan kebun di kota Sintra terlihat begitu unik dengan arsitektur yang indah dari berbagai negara di Eropa. Sintra telah menjadi pusat arsitektur Romantik Eropa pertama di dunia pada abad ke-19. Reruntuhan monarki diubah oleh Ferdinand II menjadi sebuah kastil dimana terdapat elemen Gothik, Mesir, Moorish dan Renaissance dalam membangun taman-taman serta penggunaan jenis pohon-pohon eksotis.

Walaupun kota ini terkenal dengan warisan berupa bangunan-bangunan namun alam kota inilah yang paling mencerminkan historis kota Sintra yang mana membuat kota ini menjadi referensi budaya Portugis.

Selain arsitektur kota Penggunungan Sintra dan Sintra-Cascais Nature Park juga menjadi dua destinasi wisata favorit.




4. Aurora Borealis, Greenland


Greenland adalah pulau dengan alam yang masih liar, belum tersedianya akses jalan membuat Greenland sulit untuk dijangkau dunia luar. Hal yang paling menakjubkan dari Greenland adalah fenomena Aurora yang indah dan sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Aurora yang tampak didaerah Kutub Utara disebut Borealis. Kanada, Yukon, Nuvanut, Alaska, Finladia, Norwegia, Greenland dan Siberia merupakan negara-negara tempat Aurora Borealis muncul. 

Dibutuhkan kesabaran dan perjuangan untuk bisa menikmati indahnya Aurora ini, karena dia tak sembarangan muncul. Malam di musim dingin adalah waktu terbaik untuk melihat pertunjukan alam tarian aurora. Karena suhu di Kutub Utara yang sangat dingin kamu harus menyiapkan baju ekstra tebal.

Aurora Borealis menjadi daya tarik wisata di negara-negara tersebut sampai-sampai pemerintah Islandia memerintahkan warganya untuk mematikan lampu setiap satu jam setiap malam di musim dimana Aurora Borealis sering muncul. Hal itu agar sinar lampu penduduk tidak menganggu keindahan Aurora Borealis.


5. Cappadocia, Central Anatolia, Turki


Cappadocia terletak di Anatolia timur, di tengah-tengah Turki. Lokasinya di pedalaman dan dataran tinggi lebih dari 1000 m. Iklim di Cappadocia yakni kering dan panas pada musim panas dan bersalju pada musim dingin.

Cappadocia termasuk dalam situs world heritage UNESCO karena memiliki kondisi geologi, sejarah, dan budaya yang unik. Bebatuan berbentuk fairy chimney (cerobong peri) membuat tempat ini unik seperti di negeri dongeng.

Cappadocia memiliki bangunan tempat tinggal di bebatuan yang terproses secara unik dan terlihat alami. Di dalam batu-batu tersebut tersembunyi Rumah, restoran, museum, dan hotel.
Para wisatawan bisa tinggal di Cave house dengan menyewa bungalow atau hotel yang jumlahnya sangat banyak.

Terdapat beberapa tempat yang menjadi daya tarik di sana yakni museum dan gereja tua yang terletak di dalam gua. Goreme Open Air Museum adalah museum yang paling terkenal.
Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Cappadocia adalah merasakan naik balon udara di senja dan pagi hari. Pada waktu tersebut langit di Goreme akan tertutupi oleh puluhan balon udara.

Balon udara memiliki kapasitas 20 orang dengan ketinggian balon udara mencapai 600 kaki.
Dari ketinggian tersebut seluruh kawasan Goreme bisa terlihat jelas. Lembah-lembah terukir secara sempurna dan rumah-rumah bebatuan menjadi pemandangan yang sangat indah.


6. Hutan Bambu (Bamboo Forest), Kyoto, Jepang


Hutan bambu di Kyoto Jepang ini merupakan salah satu contoh hutan yang mengagumkan di Asia Tenggara.

Kyoto menyimpan berbagai objek wisata alam yang menarik dikunjungi seperti Hutan Bambu Arashiyama yang cantik dan luas.

Hanya sebentar berjalan kaki, deretan pohon bambu-bambu yang tinggi menjulang mulai terlihat. Hutan ini pun begitu tertata. Untuk melewati hutan bambu ini terdapat jalan setapak yang cukup lebar untuk jalan kaki atau bersepeda.

Suara dedauanan bambu pun samar-samar terdengar dan menambah syahdu suasana ketika angin berhembus.

Pohon bambu tertanam dengan cukup tebal dan rapat. Banyak wisatawan yang memotret pohon-pohon bambu ini untuk diabadikan.

Di sela hutan bambu, ada kuil yang cukup ramai didatangi untuk berdoa. Berbagai macam souvenir juga terdapat di depan kuil tersebut.

Dengan deretan pohon bambu yang panjang dan luas akan membawa suasana kamu seolah-olah berada di negeri dongeng.


7. The Faroe Island


Jika kamu pernah nonton film Lord of the The Rings pulau Faroe seperti rumah bagi sekawanan Hobbit. Pulau Faroe terdiri dari 18 pulau yang indah dan bisa dilihat dari puncak vulkanik akan membuat kamu betah berlama-lama tinggal di sana.

Salah satu tempat yang menarik adalah Danau Leitisvatn yang berada di Pulau Vagar di Kepulauan Faroe, Wilayah otonomi di lepas laut Denmark.

Danau Leitisvatn memiliki bentuk yang sedikit unik. Danau ini menempel dengan daratan. Di seberang danau, sisinya berbentuk tebing.

Danau seluas 3,4 km persegi akan membuat pengunjung takjub tanpa henti. Sisi tebingnya memiliki tinggi sekitar 100 meter yang langsung jatuh ke Laut.

Danau Leitisvatn ternyata menjadi salah satu tempat bersejarah. Pada masa Perang Dunia II, danaunya dijadikan markas tentara Inggris untuk mendaratkan pesawat amfibi.
Danau ini menjadi destinasi unggulan Kepulauan  Faroe.

Share:

0 comments:

Post a Comment

Berlangganan